Categories
ekatati
Diberdayakan oleh Blogger.
Recent commentsFollowersMengenai Saya
Blog ArchiveKata - Kata
Tak ada yg tak mungkin selama kamu YAKIN. jangan pernah ragu dengan kemampuan yang ada . Berusaha dan Berdoa . I'mPossible !
|
Labels
Recent Posts |
Ekatati.Is.Me
::: Mimpikan Yang Kau Mau dan Kejarlah Impianmu Itu :::
Tugas Multimedia ke-1 | Senin, Maret 19, 2012 |
Filed under:
multimedia
|
Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. "Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video(Rosch,1996) atau secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara,gambar, dan teks(McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media audio(suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar(Turban dkk,2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video( Robin dan Linda, 2001).
Fungsi Multimedia
Fungsi Multimedia
- Bidang Periklanan, Sebagai sarana untuk promosi yang efektif dan interakif.
- Bidang Pendidikan, Sebagai sarana untuk menyampaikan bahan pengajaran yang lebih menarik dan interaktif, karena dipermudah dan didukung oleh beberapa aspek multimedia seperti suara, video, animasi, teks dan grafik.
- Bidang Jaringan dan Internet, Sebagai Sarana yang sangat membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif dan interaktif.
- Bidang Pembelajaran, dibagi menjadi 3 yaitu
2. Multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri .
Seluruh kebutuhan instruksi dari pengguna dipenuhi seluruhnya di dalam paket multimedia artinya seluruh fasilitas bagi pembelajaran termasuk latihan, feedback dan tes yang mendukung tujuan pembelajaran termasuk latihan, feedback dan tes.
3. Multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran disebut CBL (Computer based Learning)
Sejarah Multimedia
- Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
- Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
- Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
- Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
- Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.
Sistem
Multimedia Stand Alone berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui
jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya
sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video
converence dan video broadcast.
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka
akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum
siap.
Karakteristik dari sistem multimedia
berbasis jaringan meliputi :
•Data yang
dikirimkan harus mengalami proses kompresi
•Memerlukan
Bandwidth yang sangat besar
•Data multimedia
bersifat data Stream
•Mode pengiriman
Data multimedia Berbasis Jaringan :
–Broadcast
–Multicast
–Unicast
–Multi Unicast
Pengaruh Multimedia
Peen Multimedia dalam masyarakat
- TV sebagai sarana hiburan yang utama bagi masyarakat, selain harganya terjangkau TV pun bisa dimiliki oleh siapa saja baik kalangan bawah, menengah dan kalanagan atas. Namun,sayangnya sejak masyarakat mengenal TV khususnya di Indonesia banyak acara di TV khusunya Sinetron atau Film yang kurang membangun sifat positif bagi penonton bahakan ada yang tidak membangun sama sekali hanya asal-asalan saja sehingga mengakibatkan para penonton protes terhadap pengarang naskah sinetron tsb.
- Internet sebagai media berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia,media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web (jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah,media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat,mudah dalam memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Banyak manfaat yang mereka peroleh dari internet, terutama dalam proses komunikasi dan penggalian informasi, namun tidak sedikit yang menyalahgunakan penggunaan internet itu seperti pornografi, perjudian, violence /kekerasan, carding .
Pengaruh Multimedia bagi anak-anak
1.
Berpengaruh terhadap
perkembangan otak anak
2.
Mendorong anak untuk
berperilaku konsumtif
3.
Anak menjadi malas
belajar dan lebih suka menonton TV atau bermain game
4.
Anak menjadi malas
menghafal pelajaran dan lebih suka menghafalkan lagu-lagu
5.
Mendorong anak untuk
lebih banyak berkhayal tentang hal-hal yang sia-sia
6.
Mengurangi kreativitas
7.
Mengurangi daya
konsentrasi
8.
Lebih cepat matang
secara seksual (karena adanya tontonan dengan adegan-adegan yang kurang layak
bagi anak-anak)
Struktur Industri Multimedia
Level 1
Terdiri dari penyedia konten MM, misalnya berita industri,industri televisi dan hiburan industri.
Level 2
Terdiri dari pengembang aplikasi multimedia. Aplikasi termasuk pembelajaran jarak jauh, dsktop video conference, multimedia kios, dan hiburan dan pencitraan.
Level 3
Terdiri dari pembangun platform MM . Ini termasuk pembangun Silicon graphics, Sun, Intel, Apple dan perangkat keras vendor lainnya.
Level 4
Infrastruktur jaringan
Ada dua jaringan yang sangat berbeda lingkungan yang digunakan
MM aplikasi yaitu jaringan bisnis dan jaringan masyarakat.
Level 1
Terdiri dari penyedia konten MM, misalnya berita industri,industri televisi dan hiburan industri.
Level 2
Terdiri dari pengembang aplikasi multimedia. Aplikasi termasuk pembelajaran jarak jauh, dsktop video conference, multimedia kios, dan hiburan dan pencitraan.
Level 3
Terdiri dari pembangun platform MM . Ini termasuk pembangun Silicon graphics, Sun, Intel, Apple dan perangkat keras vendor lainnya.
Level 4
Infrastruktur jaringan
Ada dua jaringan yang sangat berbeda lingkungan yang digunakan
MM aplikasi yaitu jaringan bisnis dan jaringan masyarakat.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar